Batubara, Dini Syafira (2020) Analisis Soal Pada Buku Mandiri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Berdasarkan Klasifikasi Level Kognitif di SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2163111011 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM 2163111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 2163111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM. 2163111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
5 NIM. 2163111011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. NIM. 2163111011 LIST TABLE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM. 2163111011 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 2163111011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 2163111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
13. NIM. 2163111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. NIM. 2163111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah soal pada buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan telah memenuhi Klasifikasi Level Kognitif Anderson dan Krathwohl Tahun Pembelajaran 2019/2020 dan untuk menganalisis distribusi soal pada buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan berdasarkan Klasifikasi Level Kognitif Anderson dan Krathwohl Tahun Pembelajaran 2019/2020. Data dalam penelitian ini adalah soal Buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Instrumen yang digunakan adalah tabel level kognitif dan dimensi proses berpikir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pada buku mandiri bahasa Indonesia kelas VIII memuat klasifikasi level kognitif yang berdimensi proses kognitif yaitu mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengciptakan. Soal buku mandiri bahasa Indonesia dalam bentuk soal terdapat dua ada bentuk yaitu pilihan berganda dan uraian, hal ini didapatkan dari hasil penelitian pada buku mandiri bahasa Indonesia. Analisis distribusi buku mandiri bahasa Indonesia kelas VIII pada KD 3.10-4.10 dan KD 3.11-4.11 terdapat soal kategori dimensi proses mengingat (C1) berjumalah tiga soal atau 10% dan sepuluh soal atau 34%, soal kategori dimensi proses memahami (C2) berjumalah tujuh soal atau 23% dan dua soal atau 6%, dan soal kategori dimensi proses mengaplikasikan (C3) berjumlah sepuluh soal atau 34% dan tidak ada soal, soal kategori dimensi proses menganalisis (C4) berjumalah empat soal atau 13% dan sepuluh soal atau 34%, soal kategori dimensi proses mengevaluasi (C5) berjumalah satu soal atau 3% dan dua soal atau 6%, dan soal kategori dimensi proses mengciptakan (C6) berjumlah lima soal atau 17% dan enam soal atau 20%. Analisis distribusi buku mandiri belum sesuai dengan kriteria pernilaian soal yang seimbang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Klasifikasi; Kognitif; Level; Proses |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 09:46 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 09:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43045 |