Berutu, Crisna Irawati (2020) Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 36 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM 2161111009 COVER.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
02. NIM 2161111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
03. NIM 2161111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
04. NIM 2161111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
05. NIM 2161111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
06. NIM 2161111009 TABLES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
07. NIM 2161111009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
08. NIM 2161111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
12. NIM 2161111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13.NIM 2161111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas. Untuk penelitian tersebut, diambil kelas VIII-4 yang berjumlah 31 siswa melalui teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan dalam menulis teks persuasi berdasarkan aspek struktur yang memperoleh nilai rata-rata (80,64) dengan kategori baik dan aspek kaidah kebahasaan memperoleh nilai rata-rata (76,93) dengan kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan pada; (1) aspek struktur menunjukkan pada kategori sangat baik (36%), kategori baik (55%), kategori cukup (6%), kategori kurang (3%), dan kategori sangat kurang (0%). (2) aspek kaidah kebahasaan menunjukkan pada kategori sangat baik (29%), kategori baik (42%), kategori cukup (26%), kategori kurang (3%), dan kategori sangat kurang (0%). Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa menulis khususnya dalam menulis teks persuasi berdasarkan aspek sruktur dan aspek kaidah kebahasaan. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis teks persuasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan menulis; Teks persuasi; Siswa SMP kelas VIII |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 05:24 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 05:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43040 |