Ariyani, Devi (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188730032 Judul.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. 081188730032 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
3. 081188730032 Abstrak.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. 081188730032 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 081188730032 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 081188730032 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. 081188730032 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 081188730032 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. 081188730032 Bab I.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
10. 081188730032 Bab V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
11. 081188730032 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat perbedaan antara peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran problem posing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Apakah terdapat perbedaan antara motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran problem posing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran problem posing dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa (4) Bagaimanakah proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan kemampuan komunikasi matematik siswa pada kedua pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu, Populasi penelitian ini adalah siswa SD Negeri se Kecamatan Tanjungbalai Selatan, sampel dalam penelitian ini adalah SD Negeri No. 132413 dan SD Negeri No. 132404 Tanjungbalai yang diambil masing-masing 1 (satu) kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematik dan angket motivasi siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,86 untuk kemampuan komunikasi matematik siswa. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis Uji Anava Dua Jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan antara peningkatan kemampuan matematik siswa yang memperoleh pembelajaran problem posing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) Terdapat perbedaan antara motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran problem posingdengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara faktor pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa.(4) Proses penyelesaian jawaban yang memperoleh pembelajaran problem posing lebih bervariasi jika dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan pembelajaran problem posing merupakan suatu alternatif bagi guru matematika dalam menyajikan pelajaran matematika dan sudah seharusnya pembelajaran dengan pembelajaran problem posing disosialisasikan penggunaannya di lembaga unit masing-masing sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 01:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4304 |