Sinaga, Heppi Niwer (2014) PENGARUH ADVANCE ORGANIZER DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DAN RETENSI SISWA DI SMP METHODIST 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173008 Judul.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 8126173008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. 8126173008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. 8126173008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. 8126173008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6. 8126173008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 8126173008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 8126173008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. 8126173008 Bab I.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
10. 8126173008 Bab V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
11. 8126173008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran dengan advance organizer terhadap kemampuan menulis biologi siswa; (2) pengaruh minat belajar biologi terhadap kemampuan menulis biologi siswa; (3) pengaruh pembelajaran dengan advance organizer terhadap nilai retensi biologi siswa; (4) pengaruh minat belajar biologi terhadap retensi siswa; (5) interaksi antara pembelajaran advance organizer dan minat belajar dalam memengaruhi kemampuan menulis siswa; dan (6) interaksi antara pembelajaran advance organizer dan minat belajar dalam memengaruhi retensi siswa.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Methodist 3 Medan yang belajar dari jam 07.00-12.00 WIB sebanyak 211 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas sebanyak 108 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes dan angket untuk minat belajar. Instrumen digunakan setelah divalidasi oleh validator dan uji coba instrumen. Hasil uji persyaratan menunjukkan sebaran data hasil kemampuan menulis dan retensi siswa adalah berdistribusi normal dan homogen.Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji MANOVA dilanjutkan dengan uji Benferroni. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh advance organizer terhadap kemampuan menulis siswa (P=0,045 < 0,050); (2) Terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan menulis siswa (P=0,000 < 0,050); (3) Tidak terdapat pengaruh advance organizer terhadap retensi siswa (P=0,460 > 0,050); (4) Terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap retensi siswa (P=0,029 < 0,050); (5) Terdapat interaksi advance organizer dan minat belajar siswa dalam memengaruhi kemampuan menulis siswa (P=0,000 < 0,050); dan (6) Tidak terdapat interaksi advance organizer dan minat belajar siswa dalam memengaruhi retensi siswa (P=0,390 > 0,005).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sin p |
Keywords: | Advance organizer; Retensi belajar; Minat belajar; Menulis; Biologi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4298 |