Purba, Jhon Pandapotan (2020) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS X AKUNTANSI SMKS KARYA SERDANG 2BM LUBUK PAKAM T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153311017 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 4153311017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 4153311017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
4. NIM. 4153311017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM. 4153311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 4153311017 TABLES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM. 4153311017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 4153311017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM. 4153311017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
13. NIM. 4153311017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM. 4153311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas X Akuntansi SMKS Karya Serdang 2BM Lubuk Pakam T.A 2019/2020.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMKS Karya serdang 2BM Lubuk Pakam berjumlah 27 siswa dan objek penelitian ini adalah minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar kuisioner. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 Pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes
tertulis dan kuisioner yang diberikan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dengan diberi tindakan sesuai dengan enam langkah pembelajaran Group Investigation yaitu: (1) Identifikasi topik,(2)Perencanaa kooperatif, (3) Implementasi, (4) Analisis dan Sintesis, (5)Presentasi hasil, (6) Evaluasi. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentasi rata-rata minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah
siswa. Dari hasil pengamatandiperoleh peningkatan persentase rata-rata minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu: 41% menjadi 78% dengan kriteria “Berminat”. Selanjutnya peningkatan persentase rata-rata
kemampuan pemecahan masalah matematika dari siklus I ke siklus II yaitu:75 dengan kriteria “Sedang” menjadi 81,25 dengan kriteria “baik”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas X Akuntasi SMKS Karya Serdang 2BM Lubuk Pakam T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 04:18 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42945 |