WAHYUNI, SRI (2020) PENGEMBANGAN KATALOG SEBAGAI PENGHANTAR SUMBER BELAJAR PADA MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK KEMAMPUAN LITERASI SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3162321005 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 3162321005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
3. NIM 3162321005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 3162321005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
5. NIM.3162321005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM.3162321005 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 3162321005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 3162321005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 3162321005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
13. NIM. 3162321005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
14. NIM. 3162321005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca dan menulis siswa, mengakibatkan kurangnya kemampuan pemahaman materi dan keterampilan menuliskan apa yang dipahami dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, diberikan solusi dengan membuat katalog sebagai
penghantar sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan dari katalog sebagai penghantar sumber belajar pada materi pendudukan Jepang di Indonesia untuk kemampuan literasi siswa di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R &D) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah 15 orang siswa dari kelas XI MIA 1 untuk uji coba kelompok kecil, dan 24 orang
siswa dari kelas XI MIA 3 untuk uji coba kelompok besar di SMA Negeri 1 Galang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang terdiri dari angket ahli materi, ahli desain, respon siswa serta
menggunakan tes hasil belajar siswa untuk menilai keefektifan produk katalog tersebut. Hasil dari penelitian ini berupa katalog yang layak digunakan sebagai penghantar sumber belajar, dimana telah di validasi oleh ahli materi mencapai 85% dan ahli desain mencapai 86% dengan kategori sangat valid. Kelayakan pada siswa dapat dilihat dari uji coba kelompok kecil mencapai 80% dan uji coba kelompok besar mencapai 82% dengan kategori sangat layak. Keefektifan belajar menggunakan katalog dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa yang memiliki persentase mencapai 79%, maka dapat disimpulkan produk katalog yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai penghantar sumber belajar sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Katalog, Penghantar Sumber Belajar. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 13:42 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 13:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42868 |