Surbakti, Poppi Palianti (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA ANGKASA 1 LANUD MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116121014 Judul.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
2. 8116121014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. 8116121014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
4. 8116121014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. 8116121014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
6. 8116121014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
7. 8116121014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
8. 8116121014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
9. 8116121014 Bab I.pdf - Published Version
Download (786kB) | Preview
10. 8116121014 Bab V.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
11. 8116121014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Learning Community lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Inkuiri. (2) Untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar Auditori dengan siswa yang memiliki Kinestetik. (3) .Untuk mengetahui apakah ada interaksi anatara strategi pembelajaran dana gaya belajar dan mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA ANGKASA 1 pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Populasi berjumlah 156 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 64 sampel yang terdiri dari 32 sampel kelas X-2 dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Learning Community sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Inkuiri sebagai kelas kontrol. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan untuk mengelompokkan peserta didik yang mempunyai tingkat berpikir kritis tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil Menulis bahasa Indonesia peserta didik yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Learning Community lebih baik dari pada hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Inkuiri, dengan Fhitung = 15.34> Ftabel = 3.15; (2) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan Gaya belajar Kinestetik Lebih Tinggi daripada Hasil Belajar Bahasa Indonesia peserta didik dengan Gaya belajar Auditori dan Visual, dengan Fhitung = 100.45 > Ftabel = 3.15; (3) Terdapat interaksi antara Strategi pembelajaran dengan hasil menulis bahasa Indonesia dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik, dengan Fhitung = 33.78 > Ftabel = 3.15. Hipotesis ini menunjukkan bahwa Strategi pembelajaran Learning Community lebih tepat dari pada Strategi pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik, dan peserta didik yang memiliki Gaya belajar Kinestetik Lebih Tinggi daripada Hasil Belajar Bahasa Indonesia peserta didik dengan Gaya belajar Auditori dan Visual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 499.221 Sur p |
Keywords: | Menulis; Karangan narasi; Strategi pembelajaran; Learning community; Strategu inkuiri; Gaya belajar |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4264 |