Hasibuan, Chotnida Damayanti (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PADA KIMIA LARUTAN MELALUI INTEGRASI MACROMEDIAFLASH DALAM PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KARAKTER SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126141002 Judul.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 8126141002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. 8126141002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
4. 8126141002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. 8126141002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 8126141002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 8126141002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8126141002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 8126141002 Bab I.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
10. 8126141002 Bab V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
11. 8126141002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Pengembangan model pada kimia larutan melalui integrasi Macromediaflash dalam Problem Based Learning (PBl) dijelaskan dalam penelitian. Pengembangan model pembelajaran ini dibutuhkan meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa seperti mandiri, tanggung jawab, jujur, disiplin serta berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan karakter siswa dengan menggunakan model PBl terintegrasi Macromediaflash dengan DI terintegrasi Macromediaflash serta DI pada pokok bahasan Kimia Larutan. Sampel penelitian ini antara lain SMA Negeri 1, 3 dan 4 di kota Medan. Adapun perlakuan sampel sebanyak 3 kelas yaitu kelas eksperimen 1 (PBL terintegrasi Macromediaflash, eksperimen 2 (DI terintegrasi Macromediaflash) serta eksperimen 3 (DI). Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif untuk hasil belajar siswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran, lembar observasi selama proses pembelajaran dilakukan serta angket untuk mengukur karakter yang berkembang yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Data dianalisis menggunakan SPSS 18 dan Systat 13 dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah ditemukan model pembelajaran yang disebut Flash – BL yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar serta karakter mandiri, tanggung jawab, jujur, disiplin serta berpikir kritis, (2) terdapat perbedaan hasil belajar dari model yang diterapkan dengan nilai sig. 0.021, serta terdapat perbedaan nilai karakter mandiri, tanggung jawab, jujur, disiplin serta berpikir kritis dari model yang diterapkan masing-masing dengan nilai sig. 0.000. Serta terdapat interaksi karakter seperti Mandiri, Tanggung Jawab, dan Disiplin dengan hasil belajar siswa dari model PBL terintegrasi Macromediaflash yang masing-masing nilai sig. sebesar 0.001; 0.000 dan 0.001.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 2 Has p |
Keywords: | Direct instruction; Macromedia flash; Pendidikan karakter; Asam basa; Model pembelajaran; Media pembelajaran; Kimia larutan; Problem based learning |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4262 |