Situmeang, Meldawaty (2020) Efektivitas Pemanfaatan Google Classroom Dalam Meningkatkan Minat Belajar PPKn. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3163111022 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 3163111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
3. NIM. 3163111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 3163111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM. 3163111022 ABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 3163111022 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 3163111022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 3163111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 3163111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
13. NIM. 3163111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM. 3163111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktual mengenai efektivitas pemanfaatan google classroom dalam meningkatkan minat belajar PPKn. Lokasi penelitian yang akan dilakukan di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam tahun akademik 2019/2020 sebanyak 100 orang dengan sampel 30 % sebanyak 30 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan berupa angket kepada mahasiswa, dokumentasi, dan pengamatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat minat belajar mahasiswa PPKn dalam belajar dengan menggunakan google classroom dengan nilai rhitung adalah sebesar 0, 718 dan rtabel sebesar 0, 361 sesuai dengan ketentuan, apabila nilai rhitung > rtabel atau 0, 718 > 0, 361, sehingga koefisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Serta dilakukan juga analisis/perhitungan dengan menggunakan uji “t” untuk melihat hubungan google classroom dengan minat belajar PPKn diperoleh thitung = 7, 847 dengan harga ttabel = 1,711 karena thitung > ttabel atau 7, 847 > 1,711 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (db) = n-2 (30-2) = 28. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PKN-016 |
Keywords: | google classroom; minat belajar mahasiswa PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42592 |