Situmeang, Silvana Evangelista (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153341045 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. NIM 4153341045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
3. NIM 4153341045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
4. NIM 4153341045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
5. NIM 4153341045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
9. NIM 4153341045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NIM 4153341045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM 4153341045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Student Teams
Achievement Division (STAD) Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia
Kelas XI IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan
sebanyak 136 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas dimana teknik
pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar berupa pretest dan posttest,
yaitu sebanyak 40 soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan
reabilitasnya. Hasil belajar pretes siswa-siswi yang akan dibelajarkan dengan model
pembelajaran koperatif tipe jigsaw memiliki rata-rata 55,08 ± 15,91 sedangkan
postesnya 86,58 ± 7,77. Sementara itu, hasil belajar pretes siswa-siswi yang diajar
dengan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
memiliki rata-rata 51,04 ± 19,69, sedangkan hasil belajar posttestnya 73,32 ± 8,63.
Hasil belajar siswa-siswi yang dibelajarkan dengan Model Jigsaw (86,58) lebih
tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model Student Teams
Achievement Division (STAD) (73,32). Oleh karena itu hipotesis nihil (Ho ) ditolak
dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 071 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Sistem pencernaan; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 20:24 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 20:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42578 |