PROFIL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU BIOLOGI SMA SEKOTA MEDAN PADA MATERI PLANTAE T.P. 2019/2020

Sumarni, Sri (2020) PROFIL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU BIOLOGI SMA SEKOTA MEDAN PADA MATERI PLANTAE T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4161141059 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4161141059 COVER.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4161141059 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4161141059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4161141059 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4161141059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4161141059 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4161141059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4161141059 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4161141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4161141059 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4161141059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4161141059 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4161141059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4161141059 BIBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4161141059 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Pedagogical Content Knowledge Guru Biologi SMA Sekota Medan Pada Materi Plantae T.P. 2019/2020. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Februari–April 2020 di SMA Sekota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling sebanyak 30 guru biologi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif mengikuti konsep yang dikemukakan Niels dan Huberman yang meliputi tiga alur kegiatan yakni Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Data dikumpulkan menggunakan Tes. Hasil menunjukkan bahwa Profil Pedagogical Content Knowledge Guru SMA Sekota Medan berdasarkan tujuh komponen yaitu pengetahuan pedagogik umum memiliki nilai rata-rata 65,7% (kurang baik), pengetahuan konten pedagogik memiliki nilai rata-rata 40,94% (tidak baik, pengetahuan peserta didik dan karakteristiknya memiliki nilai rata-rata 45,71% (tidak baik), pengetahuan materi pembelajaran memiliki rata-rata 86,96% (baik), pengetahuan konteks pembelajaran memiliki nilai rata-rata 39,04% (tidak baik), pengetahuan strategi mengajar memiliki nilai rata-rata 44,75% (tidak baik) dan pengetahuan kutikulum memiliki nilai rata-rata yaitu 47,61% (tidak baik). Secara keseluruhan disimpulkan Profil Pedagogical Content Knowledge yang dimiliki guru-guru Biologi SMA Negeri Sekota Medan adalah Kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 108
Keywords: Pedagogical content knowledge; Plantae; Tumbuhan lumut; Tumbuhan paku; Tumbuhan berbiji
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2021 19:52
Last Modified: 17 Jun 2021 19:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42577

Actions (login required)

View Item
View Item