Ulibasa, Yolanda Novanta (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMA N 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 4161141065 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
02 NIM 4161141065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
03 NIM 4161141065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04 NIM 4161141065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
05 NIM 4161141065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
09 NIM 4161141065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13 NIM 4161141065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14 NIM 4161141065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada sub materi perubahan
lingkungan di kelas X MIA SMA N 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran
2019/2020. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen, dimana populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA N 1 Percut Sei Tuan yang
berjumlah 214 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random
sampling dimana sampelnya adalah kelas X MIA 4 yang berjumlah 35 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa mencapai 78,97%
dimana ini termasuk kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa mencapai 91.4%
termasuk kategori tuntas, dan ketercapaian indikator mencapai 77.44% termasuk
kategori tercapai termasuk ke dalam kategori aktif.. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif digunakan pada sub
materi perubahan lingkungan di kelas X MIA SMA N 1 Percut Sei Tuan Tahun
Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 091 |
Keywords: | Problem based learning; Perubahan lingkungan; Limbah; Model pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 19:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 19:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42575 |