PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 15 MEDAN TP. 2019/2020

Simanjuntak, Jesika Pratiwi Ulina (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 15 MEDAN TP. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163341032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163341032 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163341032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163341032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163341032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163341032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163341032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163341032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163341032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163341032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4163341032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4163341032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163341032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163341032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4163341032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4163341032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MAM (Make A Match) dengan Mind Mapping pada mata pelajaran biologi materi Sistem Pertahanan
Tubuh di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan TP. 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2020 sampai dengan bulan Mei 2020. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel dengan total 68 siswa. Kelas pertama diajarkan dengan model MAM (Make A Match) dan kelas kedua diajarkan dengan model Mind
Mapping. Nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model MAM (Make A Match) adalah 82,02 dengan SD = 4,57, dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Mind Mappingadalah 85,65 dengan SD = 4,31. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa hasil belajar siswa dikelas Mind Mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa dikelas MAM (Make A Match). Aktivitas siswa yang diamati adalah aktivitas melihat, aktivitas mendengar, aktivitas berbicara, dan aktivitas menulis dengan nilai rata-rata aktivitas 82,4 untuk kelas MAM (Make A Match), dan 85,9 untuk kelas Mind Mapping. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa aktivitas dikelas Mind Mapping lebih tinggi dari aktivitas dikelas MAM (Make A Match). Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada model MAM (Make A Match) pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 073
Keywords: Hasil belajar; Make a match; Mind mapping; Pembelajaran kooperatif; Sistem pertahanan tubuh; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2021 16:20
Last Modified: 17 Jun 2021 16:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42568

Actions (login required)

View Item
View Item