Simanjuntak, Jesika Pratiwi Ulina (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 15 MEDAN TP. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163341032 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 4163341032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
3. NIM. 4163341032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
4. NIM. 4163341032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM. 4163341032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
10. NIM. 4163341032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 4163341032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
15. NIM. 4163341032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MAM (Make A Match) dengan Mind Mapping pada mata pelajaran biologi materi Sistem Pertahanan
Tubuh di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan TP. 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2020 sampai dengan bulan Mei 2020. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel dengan total 68 siswa. Kelas pertama diajarkan dengan model MAM (Make A Match) dan kelas kedua diajarkan dengan model Mind
Mapping. Nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model MAM (Make A Match) adalah 82,02 dengan SD = 4,57, dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Mind Mappingadalah 85,65 dengan SD = 4,31. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa hasil belajar siswa dikelas Mind Mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa dikelas MAM (Make A Match). Aktivitas siswa yang diamati adalah aktivitas melihat, aktivitas mendengar, aktivitas berbicara, dan aktivitas menulis dengan nilai rata-rata aktivitas 82,4 untuk kelas MAM (Make A Match), dan 85,9 untuk kelas Mind Mapping. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa aktivitas dikelas Mind Mapping lebih tinggi dari aktivitas dikelas MAM (Make A Match). Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada model MAM (Make A Match) pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 073 |
Keywords: | Hasil belajar; Make a match; Mind mapping; Pembelajaran kooperatif; Sistem pertahanan tubuh; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 16:20 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 16:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42568 |