Pandia, Ekariana S. (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN RETENSI MEMORI BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116174003 Judul.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. 8116174003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. 8116174003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. 8116174003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. 8116174003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. 8116174003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 8116174003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 8116174003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8116174003 Bab I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
10. 8116174003 Bab V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
11. 8116174003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Tingkat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audiovisual dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan gambar diam dalam bentuk Power point pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 2 Langsa; dan Tingkat perbedaan kemampuan retensi memori siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audiovisual, dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan gambar diam dalam bentuk Power point pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 2 Langsa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 2 Negeri Langsa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Langsa sebanyak 120 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dan selanjutnya melalui pengundian maka kelas XI IPA.2 yang berjumlah 27 orang terpilih sebagai kelas yang diberi perlakuan penggunaan media audiovisual berupa aplikasi Adobe Flash CS5 dan kelas XI IPA.3 yang berjumlah 27 orang terpilih sebagai kelas yang diberi media gambar diam aplikasi Power point. Media instrumen yang digunakan setelah divalidasi oleh validator dan tes hasil belajar berjumlah 40 soal dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Retensi memori siswa diperoleh dari hasil tes belajar setelah 21 hari submateri selesai diajarkan. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 19.0 (SPSS Inc.). Hasil penelitian menunjukan : Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media audiovisual jauh lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan gambar diam Power point pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 2 Langsa(thitung= 7,89; P= 0,00); dan Kemampuan retensi memori siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media audiovisual lebih lama dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media gambar diam Power point pada materi sel di kelas XI SMA 2 Negeri Langsa (thitung= 6,04; P= 0,00)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Pan p |
Keywords: | Media pembelajaran; Retensi memori; Adobe Flash CS5; Gambar diam; Power point; Audiovisual; Kemampuan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4256 |