Pardede, Lastiar H. (2020) ANALISIS LITERASI SAINS MATERI EKOSISTEM PADA BUKU TEKS BIOLOGI KELAS X SMA DI KECAMATAN PANCUR BATU, DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163141024 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4163141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM 4163141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM 4163141024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 4163141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
9. NIM 4163141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 4163141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM 4163141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat literasi sains materi ekosistem pada buku teks biologi kelas X SMA di Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang berdasarkan 4 dimensi literasi sains. Sampel dalam penelitian ini adalah tiap halaman yang memuat materi ekosistem pada 3 buku teks Biologi kelas X dari penerbit berbeda yang digunakan di SMA Negeri 1 Pancur Batu, SMA Swasta Rakyat Pancur Batu dan SMA Swasta Anastasia. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan paling dominan muncul dengan persentase sebesar 64,54% dan kriteria tingkat literasi sains-nya tinggi. Dimensi literasi sains sebagai proses menyelidiki proporsi kemunculannya lebih sedikit dibandingkan dimensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan yaitu sebesar 20,74% dengan kriteria tingkat literasi sains rendah. Proporsi kemunculan dimensi literasi sains sebagai cara berpikir sebesar 10,72% dengan kriteria tingkat literasi sains rendah. Sementara, dimensi literasi sains dan hubungannya dengan teknologi dan masyarakat memiliki proporsi kemunculan paling sedikit dengan persentase 3, 97% dengan kriteria tingkat literasi sains rendah. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa materi ekosistem yang disajikan dalam buku teks Biologi tersebut sudah menggambarkan dimensi literasi sains, meskipun dengan proporsi yang tidak seimbang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 096 |
Keywords: | Literasi sains; Ekosistem; Buku teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 22:00 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 22:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42552 |