Pardosi, Lasma R. (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDING) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 HABINSARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163141022 COVER.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
2. NIM. 4163141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3. NIM. 4163141022 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 4163141022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
5. NIM. 4163141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
9. NIM. 4163141022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 4163141022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 4163141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PDC (Preparing, Doing, Concluding) terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Habinsaran Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela XI IPA SMA Negeri 1 Habinsaran yang terdiri 4 kelas dan berjumlah 132 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) yang melibatkan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian diambil secara Purposive Sampling. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, yang masing-masing kelas berjumlah 34 orang siswa. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PDC adalah 78,94 dengan standar deviasi 9,02 lebih baik daripada hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya-jawab adalah 67,17 dengan standar deviasi 11,72. Rata-rata retensi I dan II siswa di kelas XI IPA 1 yang diajarkan menggunakan model PDC diperoleh sebesar 90,30% dan 78,79%, sedangkan rata-rata retensi I dan II di kelas XI IPA 2 yang diajarkan menggunakan model konvensional diperoleh sebesar 83,45% dan 72,94%. Retensi kedua kelas tergolong ke dalam kategori tinggi. Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil belajar dan retensi siswa berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Maka penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PDC terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Habinsaran T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 117 |
Keywords: | Sistem pernapasan; Hasil belajar; Retensi; Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 21:47 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 21:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42551 |