Sati, Dian Lara (2020) ANALISIS STANDAR PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PLANTAE KELAS X MIA SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163141009 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
2 NIM. 4163141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 4263141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
4. NIM. 4163141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 4163141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. NIM. 4163141009 CAPTER I.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
13. NIM. 4163141009 CAPTER V.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
14. NIM. 4163141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Standar proses dapat didefinisikan oleh setiap guru untuk menjalankan perencanaan pembelajaran dari penyusunan RPP dan penyusunan Silabus. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Stabat. Pelaksanaan pembelajaran didapat ketidak sesuaian yang mengacu pada perencanaan pembelajaran yang telah disusun dan guru biologi dalam pelaksanaanya kurang menggunakan media pembelajaran yang ada di RPP sehingga pelaksanaan pembelajaran tidak sepenuhnya sesuai dan mengacu pada standar proses yang telah ditentukan pada Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan evaluasi pembelajaran, penggunaan media pada proses pembelajaran dan mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan akan menghasilkan data deskriptif. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan instrumen observasi, kegiatan belajar mengajar meliputi RPP dan silabus serta penerapannya di sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Perencanaan pembelajaran biologi sudah sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku terlihat dari perhitungan instrumen observasi, Ibu Yeni Pratiwi mendapatkan skor 82,4% kriteria amat baik. Media Pembelajaran yang digunakan guru biologi sudah memadai dengan kebutuhan siswa. Kesulitan belajar yang dialami siswa dilihat dari nilai ulangan siswa ada 11% menunjukkan sebahagian besar siswa tidak merasa kesulitan dalam memahami pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 113 |
Keywords: | Plantae; Standar proses pembelajaran; Media pembelajaran; Silabus; Perencanaan pembelajaran; Kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 01:16 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 01:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42541 |