Simbolon, Lili Suryani (2013) ANALISIS TINGKAT KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM HORMON DI SMA NEGERI SE-KOTA KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106174008 Judul.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. 8106174008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. 8106174008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. 8106174008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 8106174008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. 8106174008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 8106174008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8106174008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 8106174008 Bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
10. 8106174008 Bab V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
11. 8106174008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kesulitan Belajar Siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan belajar siswa pada Materi Sistem Hormon di SMA Negeri se- Kota Kisaran. Penelitian ini bersifat deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI yang berasal dari empat SMA Negeri se- Kota Kisaran, yaitu SMA Negeri 1 Kisaran, SMA Negeri 2 Kisaran, SMA Negeri 3 Kisaran dan SMA Negeri 4 Kisaran. Teknik penarikan sampel yaitu digunakan teknik sampel total. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan instrumen tes essay, angket dan wawancara. Hasil penelitian berdasarkan persentase tes essay menunjukkan bahwa dari 690 siswa yang mengikuti tes sebanyak 315 orang siswa yang lulus tes dan 375 siswa tidak lulus tes. Untuk indikator mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem hormon manusia tingkat kesulitan sedang (78,33%), indikator mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem hormon tingkat kesulitan sangat tinggi (43,77%), indikator menjelaskan mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia tingkat kesulitan tinggi (51,99%), indikator menyimpulkan gejala, penyebab dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem hormon tingkat kesulitan sangat tinggi (42,61%). Berdasarkan angket dan wawancara terhadap siswa yang tidak lulus tes menunjukkan bahwa faktor yang berasal dari dalam diri siswa yang sangat berpengaruh adalah bakat sedangkan yang berpengaruh adalah minat, motivasi, dan intelegensi. Untuk faktor eksternal yaitu faktor lingkungan yang berpengaruh adalah kualitas guru dan sarana/prasarana, sedangkan faktor yang cukup berpengaruh adalah metode metode mengajar dan kondisi serta lokasi gedung sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.740 712 Sim a |
Keywords: | Kesulitan belajar; Taksonomi bloom; Sistem hormon; Kelenjar hipofisis; Kelenjar tiroid; Kelenjar paratiroid; Kelenjar pankreas |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4254 |