Sianturi, Anastasia (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI MIA SMA N 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161141004 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 4161141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
3. NIM. 4161141004 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM. 4161141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 4161141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9. NIM. 4161141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM 4161141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM 4161141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 180 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya adalah kelas XI MIA 3 yang berjumlah 36 orang. Disain penelitian yang digunakan adalah pretest dan postest. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes pilihan berganda sebanyak 30 soal. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Togetheri (NHT) efektif digunakan pada materi sistem pencernaan manusia. Nilai rata-rata hasil belajar pretest adalah 44,13 dengan SD = 7,11, dan rata-rata hasil belajar postest adalah 83,33 dengan SD = 5,60. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikatakan efektif jika memenuhi kriteria keefektifan yaitu: Tingkat penguasaan siswa, ketuntasan belajar siswa dan ketercapaian indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa mencapai 83,33 termasuk kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa mencapai 94,44% termasuk kategori tuntas, dan ketercapaian indikator mencapai 86,92% termasuk kategori tercapai. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa kriteria efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) semuanya telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) efektif digunakan pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 090 |
Keywords: | Sistem pencernaan; Numbered head together; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 23:21 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 23:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42533 |