Nainggolan, Santi Esteria (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161111065. COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
2. NIM. 4161111065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 4161111065. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. NIM. 4161111065. PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 4161111065. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 4161111065. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
12. NIM. 4161111065. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
13. NIM. 4161111065. BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran reciprocal teaching.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Hasil temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, adapun kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematisnya melalui model reciprocal teaching yaitu siswa kurang mampu untuk bertanya dan berpendapat di dalam kelompoknya dikarenakan kurangnya rasa kepercayaan diri siswa, siswa merasa takut untuk tampil didepan kelas dan siswa kurang menguasai materi prasyarat,adanya hubungan antara sintaks pembelajaran reciprocal teaching dengan aspek-aspek kemampuan komunikasi sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa siswa yang menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dalam proses belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan adanya hubungan antara sintaks pembelajaran reciprocal teaching dengan aspek-aspek kemampuan komunikasi, adapun kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematisnya diakibatkan oleh rasa kurang percaya diri siswa tersebut dan dapat diatasi dengan pemberian scaffolding oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 081 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Reciprocal teaching; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 19:51 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 19:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42521 |