Aini, Nurul (2020) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 MEDAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4162111008 COVER.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2. NIM. 4162111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3. NIM. 4162111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM. 4162111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 4162111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
10. NIM. 4162111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 4162111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
15. NIM. 4162111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling berjumlah 40 sampel. Istrumen dalam penelitian ini adalah angket yang berjumlah 24 butir dan tes uraian yang berjumlah 3 butir soal. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan persamaan regresi linear sederhana . Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhaadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2019/2020 yang ditunjukkan dengan ( ), ( ) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi ( ). Dengan kontribusi pengaruh sebesar . Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2019/2020 yang ditunjukkan dengan ( ) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi ( ). Hubungan yang ada ditunjukkan dengan nilai , artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka akan semakin tinggi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, begitu pula sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 074 |
Keywords: | Kepercayaan diri; Pemecahan masalah matematis; Survei; Pembelajaran berbasis masalah; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 01:16 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 01:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42516 |