Purba, Nina Hayati (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIIISMP SWASTA MASEHI BERASTAGI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152111047 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 4152111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. NIM. 4152111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 4152111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 4152111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 4152111047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13. NIM. 4152111047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
14. NIM. 4152111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP Swasta Masehi Berastagi Tahun Ajaran 2019/2020.
Pendekatan yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Masehi Berastagi tahun ajaran 2019/2020. Desain penelitian yang dilakukan adalah model Arikunto yang berisi permasalahan, alternatif pemecahan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis data, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan panduan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang pada kondisi awal. Dimana Tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematika yang diberikan pada siklus I diperoleh rata-rata kemampuan menganalisis soal 59,17 menjadi 71,67 di siklus II, rata-rata kemampuan mensintesis soal di siklus I 89,17 menjadi 90,21 pada siklus II, dan rata-rata kemampuan menyimpulkan soal di siklus I 30,00 menjadi 67,50 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 086 |
Keywords: | Berpikir kritis; Pembelajaran inkuiri; Statistika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 00:59 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 00:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42515 |