Panjaitan, M. Azhari (2020) KAJIAN ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163311037 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 4163311037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
3. NIM. 4163311037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 4163311037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 4163311037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 4163311037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
13. NIM. 4163311037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 4163311037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning, Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran problem based learning berdasarkan hasil temuan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur (penelitian kepustakaan). Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder berupa hasil penelitian dari jurnal ilmiah, buku, dan skripsi atau tesis. Selanjutnya, data tersebut dianalisis dengan teknik “analisis anotasi bibliografis”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran problem based learning yang diajarkan kepada siswa pada saat pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dibuktikan dengan hasil review data penelitian dimana meningkatnya hasil belajar siswa dan ketuntasan siswa dalam evaluasi kemampuan komunikasi matematis siswa. (2) Terdapat Pengaruh dari model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Terbukti berdasarkan dari hasil review penelitian. Dimana model pembelajaran problem based learning dapat merubah pemikiran siswa sebelumnya menjadi lebih kreatif, aktif dalam membaca, menggali informasi, saling memberi pendapat, dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika, rasional, dan minat belajar matematika yang tumbuh dari dalam diri siswa. (3) Beberapa kelebihan dan kekurangan model pembelajaran problem based learning berdasarkan temuan penelitian, yaitu dari sisi kelebihannya bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat setelah pembelajaran dengan model problem based learning, siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, menjadikan siswa mampu mengerjakan soal yang berbeda dari contoh yang diberikan, siswa mampu mencari dengan sendiri, mengalami interaksi antar kelompok dan saling tukar pemikiran secara ilmiah, dan mampu menyelesaikan proses pemecahan masalah. Akan tetapi ada terdapat nilai negatif atau kekurangan dibalik pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah atau kendala yang dialami berupa persiapan pelaksanaan, kurangnya memahami apresiasi guru, jumlah kelompok terlalu banyak, dan keterbatasan waktu dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 080 |
Keywords: | Problem based learning; Komunikasi matematis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 00:20 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 00:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42513 |