Luthfi, Khazlaini (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163311031 COVER.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. NIM. 4163311031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 4163311031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM. 4163311031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM. 44163311031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
9. NIM. 4163311031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM. 4163311031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM. 4163311031BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan sikap kemandirian belajar siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran kumon. Jenis penelitian ini adalah riset kepustakaan atau studi literatur sehingga data yang diperoleh adalah data sekunder yang berasal dari kumpulan literatur seperti jurnal dan skripsi yang relevan dengan topik pembahasan. Teknik analisis data dengan cara analisis isi dan analisis deskriptif yaitu menganalisis, mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil temuan literatur. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat setelah pengerjaan lembar kerja kumon yang dikerjakan sesuai dengan kemampuan siswa secara berulang dan bertingkatserta membawa dampak positif terhadap kemandirian belajar setelah pengerjaan lembar kerja kumon yang diselesaikan secara mandiri dan terus menerus. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa SMP yang menerapkan model pembelajaran kumon dalam proses belajar matematika akan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan membawa dampak positif serta dikategorikan baik dalam sikap kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 079 |
Keywords: | Model pembelajaran kumon; Pemahaman konsep; Kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Jun 2021 23:53 |
Last Modified: | 13 Jun 2021 23:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42511 |