Nasution, Nurhidaya Fithriyah (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMP NEGERI 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173020 Judul.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. 8126173020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. 8126173020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. 8126173020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. 8126173020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. 8126173020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 8126173020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8126173020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. 8126173020 Bab I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
10. 8126173020 Bab V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
11. 8126173020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran think pair share, strategi pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem di kelas VII SMP Negeri 15 Medan; dan (2) pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran think pair share, strategi pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem di kelas VII SMP Negeri 15 Medan. Subjek dalam penelitian ini diambil sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak teknik random sampling, yang mengambil 3 kelas dengan jumlah sampel tiap kelas 30 orang. Metode penelitian menggunakan penelitian quasi-eksperimen dengan rancangan kelompok pretest-posttest experiment group design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran think pair share, strategi pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem dengan Fhitung = 12,616 dan signifikansi 0,00 < 0,05; dan (2) terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran think pair share, strategi pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem dengan Fhitung = 14,797 dan signifikansi 0,00 < 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Nas p |
Keywords: | Ekosistem; Berpikir kritis; Cooperative learning; Think pair share; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 May 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4251 |