Safitri, Dwi Ayu (2020) ANALISIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161111022 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 4161111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM. 4161111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4161111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM. 4161111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 4161111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
12. NIM. 4161111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
13. NIM. 4161111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika (PMRE) dan kelebihan pendekatan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika (PMRE). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis dimana etnomatematika yang diterapkan disesuaikan dengan materi yang tepat. Beberapa kelebihan pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika yang telah dianalisis diantaranya adalah a) PMRE memberikan pengertian yang jelas kepada siswa tentang kehidupan sehari-hari dan kegunaan umumnya bagi manusia; b) PMRE memberikan pengertian yang jelas bahwa dalam mempelajari matematika proses pembelajaran merupakan sesuatu yang utama; c) PMRE menyediakan lingkungan pembelajaran yang menciptakan motivasi yang baik dan menyenangkan; d) PMRE mampu memberikan kompetensi afektif dalam belajar yang berupa terciptanya rasa menghargai, nasionalisme dan kebanggaan; e) PMRE mendukung kemampuan-kemampuan siswa sesuai dengan harapan implementasi pendekatan saintifik jika diterapkan pada materi yang tepat. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik memiliki efektifitas lebih baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 082 |
Keywords: | Matematika realistik; Etnomatematika; Komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Jun 2021 21:35 |
Last Modified: | 13 Jun 2021 21:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42505 |