Musta'in, Moch. (2020) Penerapan Supervisi Akademik Teknik Coaching Model GROW Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Modul Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Flipbook Maker Guru Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor Di SMK N 2 Binjai, 2020. Masters thesis, UNIMED.
1. MOCH. MUSTA'IN NIM. 8156132080 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. MOCH. MUSTA'IN NIM. 8156132080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
3. MOCH. MUSTA'IN, NIM 8156132080 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. MOCH. MUSTA'IN NIM. 8156132080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. MOCH. MUSTA'IN NIM. 8156132080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. MOCH. MUSTA'IN NIM. 8156132080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. MOCH. MUSTA'IN NIM. 8156132080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. MOCH. MUSTA'IN NIM 8156132080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9. MOCH. MUSTA'IN NIM. 8156132080 BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
13. MOCH. MUSTA'IN NIM. 8156132080 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. MOCH. MUSTA'IN NIM. 8156132080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan supervisi akademik teknik coaching model GROW dalam meningkatkan kemampuan guru kompetensi keahlian teknik sepeda motor membuat modul pembelajaran menggunakan aplikasi flipbook maker. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian ini adalah 4 guru kompetensi keahlian teknik sepeda motor di SMK N 2 Binjai. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik coaching model GROW meningkatkan kemampuan guru kompetensi keahlian teknik sepeda motor membuat modul pembelajaran menggunakan aplikasi flipbook maker. Melalui partisipasi dalam coaching, guru ternyata lebih reflektif sehingga muncul keinginan untuk memperbaiki kemampuannya dan melakukan perubahan. Teknik coaching lebih menekankan dan menitikberatkan kesadaran sendiri untuk belajar daripada mengajari maupun menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Dalam coaching terjadi proses kolaborasi yang fokus pada solusi, orientasi pada hasil dan sistematis, dimana coach memfasilitasi atas peningkatan kemampuan coachee.