Tobing, Mona Astilla L (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153341028 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2.NIM 4153341028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM 4153341028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 4153341028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM 4153341028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4153341028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4153341028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4153341028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM 4153341028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4153341028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) di kelas X IPA SMA GKPI Padang Bulan Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA yang berjumlah 35 orang siswa. Pengamatan aktivitas siswa dilakukan oleh observer. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan silus I
sampai III. Pada siklus I sampai III. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 74 dan ketuntasan klasikal 57,1% (Tidak Tuntas), pada siklus II di peroleh nilai rata-rata 78,2% dan ketuntasan klasikal 80 % dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 83,1 dan ketuntasan klasikal 91%. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa peningkatan aktivitas siswa yang sangat aktif pada 20%
(siklus I), 22,8% (siklus II) dan 31,4% (siklus III), yang aktif 40% (siklusI), 57,1% (siklus II) dan
60% (siklus III), yang cukup aktif 25,7% (siklus I), 11,4% (siklus II) dan 5,7% (siklus III), yang
kurang aktif 14,2% (siklus I), 8,57% (siklus II) dan 2,8% (siklus III).hal ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dikelas X IPA SMA GKPI Padang Bulan Medan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dari siklus I sampai siklus III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, Number Head Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 20:57 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 20:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42481 |