PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERIKEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIASMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Dlm, Latifah Hannum (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERIKEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIASMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4152141028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4152141028 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4152141028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4152141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4152141028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4152141028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4152141028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4152141028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4152141028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4152141028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4152141028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4152141028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4152141028 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4152141028 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4152141028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4152141028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4152141028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4152141028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4152141028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4152141028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 41521410 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 41521410 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X
MIA SMA Negeri 7 Medan pada T.P. 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 7 kelas dan jumlah seluruhnya 245 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas X MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 35 orang siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan
model pembelajaran Project Based Learning sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen sebesar 70,51± 5,45 dan nilai rata-rata kemampuan kognitif sebesar 78,4 ± 7,59. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas kontrol sebesar
58,34 ± 8,03dan nilai rata-rata kemampuan kognitif sebesar 61,94 ± 9,96. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05, diperoleh nilai thitung > ttabel (1,769 > 1,669) untuk
keterampilan proses sains dan untuk kemampuan kognitif thitung > ttabe (1,912 > 1,669). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based
Learning berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIA SMA Negeri 7
Medan T.P. 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 08 Jun 2021 19:56
Last Modified: 08 Jun 2021 19:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42477

Actions (login required)

View Item
View Item