Dlm, Latifah Hannum (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERIKEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIASMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152141028 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 4152141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM 4152141028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 4152141028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM 4152141028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 4152141028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM 4152141028 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4152141028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM 4152141028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM 4152141028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
14. NIM 41521410 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X
MIA SMA Negeri 7 Medan pada T.P. 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 7 kelas dan jumlah seluruhnya 245 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas X MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 35 orang siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan
model pembelajaran Project Based Learning sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen sebesar 70,51± 5,45 dan nilai rata-rata kemampuan kognitif sebesar 78,4 ± 7,59. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas kontrol sebesar
58,34 ± 8,03dan nilai rata-rata kemampuan kognitif sebesar 61,94 ± 9,96. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05, diperoleh nilai thitung > ttabel (1,769 > 1,669) untuk
keterampilan proses sains dan untuk kemampuan kognitif thitung > ttabe (1,912 > 1,669). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based
Learning berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIA SMA Negeri 7
Medan T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 19:56 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 19:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42477 |