ULFA, RAHMANIA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERDASARKAN AKTIVITAS SISWA(SPBAS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XIAK-1 SMK NEGERI 13 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7143142022 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7143142022 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
3. NIM. 7143142022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
4. NIM. 7143142022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. NIM. 7143142022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
6. NIM. 7143142022 TABLE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
7. NIM. 7143142022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
8. NIM. 7143142022 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 7143142022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
13. NIM. 7143142022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 7143142022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK-1 SMK Negeri 13 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi jika diterapkan model pembelajaran Experiental Learning dengan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Aktivitas Siswa (SPBAS) siswa di kelas XI AK-1 SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK-1 yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data mengggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Dari data hasil pengamatan aktivitas yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 3 orang siswa dari 28 siswa yang mendapat nilai ≥23 atau sebesar 10,7% dan 8 orang siswa yang mendapat nilai ≤ 23 atau sebesar 28,6%, dengan rata – rata nilai aktivitas siswa 20,93. Pada siklus II, siswa yang mendapatkan nilai ≥23 sebesar 10 (35,7%) dan 16 orang siswa (57,1%) yang mendapatkan skor ≤ 23, dengan rata – rata nilai aktivitas siswa sebesar 26 untuk kategori sangat aktif dan aktif. Hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 20 siswa dari 28 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau sebesar (71,4%), dan 8 siswa mendapat nilai ≤ 75 atau sebesar (28,6%), dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 78,6. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 25 siswa (89,3%), dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 75 sebesar 3 siswa (10,7%) dengan nilai rata – rata 85,14. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Experiental Learning dengan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Aktivitas Siswa (SPBAS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK-1 pada materi piutang di SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Experiental Learning dengan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Aktivitas Siswa, Aktivitas dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 01:14 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 01:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42418 |