SASMITA, CITRA AYU (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK-1 SMK SWASTA BUDI AGUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7141142006 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 7141142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. NIM. 7141142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 7141142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7141142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM. 7141142006 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7141142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7141142006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM. 7141142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
13. NIM. 7141142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7141142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran problem open ended pada siswa kelas XI AK-1 SMK Swasta Budi Agung Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi masih rendah.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung yang beralamat di Jl. Platina Raya no. 7 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK-1 dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 6,67% siswa memenuhi standar ketuntasan belajar sebelum dilakukan tindakan. Setelah diadakannya tindakan siklus I 67% siswa telah mencapai standar ketuntasan belajar, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 30% menjadi 86,67% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar. Kemampuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan dari kategori cukup kritis (45%) menjadi kategori kritis (71,7%) dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem open ended pada pokok bahasan akuntansi kas kecil dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK-1 SMK Swasta Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Open Ended |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 01:14 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 01:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42417 |