PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 12 MEDAN

Tarigan, Darmawaty (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 12 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116121005 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116121005 Judul.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116121005 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116121005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116121005 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116121005 Abstrak.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116121005 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116121005 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116121005 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116121005 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116121005 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116121005 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116121005 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8116121005 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116121005 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8116121005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116121005 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8116121005 Bab I.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116121005 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8116121005 Bab V.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8116121005 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8116121005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran Ekonomi.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutanyang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan /desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi pelajaran Ekonomi, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan empat puluh enam siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Ekonomi berada pada kualifikasi sangat baik (88,12%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (83,5%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (86,07%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (88,57%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (96,27%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (98,46%). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 di SMA Negeri 12 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 96 siswa yang terdiri dari 50 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran interaktif dan 46 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran Power point sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 4,25 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk 96 diperoleh ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 84,83% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point sebesar 75,2%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 330.107 12 Tar p
Keywords: Media pembelajaran; Media interaktif; Macromedia flash; Pembelajaran ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 May 2016 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4241

Actions (login required)

View Item
View Item