Lubis, Nuriaty Prasetya (2021) Pengembangan Buku Ajar Bahasa Prancis berbasis google classroom. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186193003 COVER.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
2. NIM 8186193003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
3. NIM 8186193003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM 8186193003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM 8186193003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
6. NIM 8186193003 TABLES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7. NIM 8186193003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
8. NIM 8186193003 SCHEME.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
9. NIM 8186193003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
10. NIM 8186193003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
14. NIM 8186193003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
15. NIM 8186193003 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
16. NIM 8186193003 SITOGRAFY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan dari Borg & Gall (2005) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan kelayakan media pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom di kelas X1, SMA Negeri 21 Medan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kuantitatif. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
teknik statistik deskriptif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Subjek pada penelitian ini adalah 2 validator ahli yaitu ahli media
dan ahli materi. Instrumen yang digunakan yaitu angket validator, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Proses pembelajaran bahasa Prancis dengan menggunakan Google classroom pada siswa kelas XI di SMA Negeri 21 Medan yaitu : tahap analisis, tahap desain, tahap development, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata 77,95% (baik) dan ahli media Pembelajaran Google Classroom diperoleh nilai rata-rata 77,72%, (baik). Deskripsi data hasil tes penggunaan terdiri dari data hasil tes penggunaan media oleh guru dengan nilai rata-rata 81,06% (sangat baik). Data hasil penggunaan media oleh siswa SMA terdiri dari tes individu, nilai rata-rata
87,3% (sangat baik), tes kelompok kecil, nilai rata-rata 89% (sangat baik), uji coba terbatas, nilai rata-rata 91,7% (sangat baik). Penggunaan media pembelajaran e-leaning berbasis Google Classroom secara efektif dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Artinya, media ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Google Classroom meningkat dengan nilai terendah post-test adalah 67 dan nilai tertinggi post-test 100
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 440.72 Lub d |
Keywords: | Google Classroom; Pembelajaran Bahasa Prancis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 May 2021 01:21 |
Last Modified: | 31 May 2021 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42338 |