Alfananie, Athiyyah Zahrah (2021) Pengaruh Model PAKEM Dengan Menggunakan Media Tangram Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Kelas II SD IT Khalisaturrahmi Binjai. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182007 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. 8176182007 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
3. NIM. 8176182007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8176182007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM. 8176182007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8176182007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8176182007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8176182007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8176182007 BAB I.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
13. NIM. 8176182007 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM. 8176182007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan model PAKEM berbantuan media tangram lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model ekspositori. (2) Apakah motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model PAKEM berbantuan media tangram lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model ekspositori (3) Apakah
interaksi antara pembelajaran model (PAKEM berbantuan media tangram, Ekspositori) dengan kemampuan awal matematika siswa (Tinggi, Sedang, Rendah)
terhadap kemampuan spasial matematis siswa, dan (4) Apakah interaksi antara pembelajaran model (PAKEM berbantuan media tangram, Ekspositori) dengan
kemampuan awal matematika siswa (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa Kelas II SD IT Khalisaturrahmi Binjai berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian ini adalah Kelas II A (20 siswa), dan Kelas II B (20 siswa).
Instrumen yang digunakan terdiri dari tes KAM, tes kemampuan spasial matematis siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan
ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan model PAKEM berbantuan media tangram lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model ekspositori. (2) Motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model PAKEM berbantuan media tangram lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model ekspositori. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran model (PAKEM berbantuan media tangram, ekspositori) dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah)terhadap kemampuan spasial matematis siswa, dan (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran model (PAKEM berbantuan media tangram, ekspositori) dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Alf p |
Keywords: | Model PAKEM; Tangram; Kemampuan Spasial Matematis; dan Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2021 22:08 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 19:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42331 |