Sinaga, Erentiana Prinita (2021) Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis Budaya Pakpak Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SD Negeri No.030277 Teladan Kec. idikalang Kab. Dairi. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196182005 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8196182005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. NIM. 8196182005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4. NIM. 8196182005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 8196182005 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 8196182005 TABELS.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 8196182005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8196182005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (862kB) | Preview
12. NIM. 8196182005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
13. NIM. 8196182005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan antara pembelajaran (guided discovery learning berbasis budaya Pakpak dan pembelajaran langsung) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Pengaruh yang signifikan antara pembelajaran (guided discovery learning berbasis budaya Pakpak dan pembelajaran langsung) terhadap self confidence siswa, (3) Interaksi antara pembelajaran (guided discovery learning berbasis budaya Pakpak dan pembelajaran langsung) dengan Kemampuan Awal Matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Interaksi antara pembelajaran (guided discovery learning berbasis budaya Pakpak dan pembelajaran langsung) dengan Kemampuan Awal Matematika terhadap self confidence siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri No.030277 Teladan Kec. Sidikalang Kab. Dairi Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari tiga kelas sedangkan sampel terdiri dari dua kelas. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap self confidence. Data yang diperoleh lalu dianalisis menggunakan anava dua jalur denngan taraf sig =0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh nilai sig.0,006<0,05 dengan pengaruh sebesar 51,8%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap self confidence siswa diperoleh nilai sig.0,011<0,05 dengan pengaruh sebesar 11,4%; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan Kemampuan Awal Matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh nilai sig.0,000<0,05, dimana kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan guided discovery learning berbasis budaya Pakpak kategori tinggi =85 dan kelompok rendah =65 dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung kategori tinggi =65 dan kelompok rendah =70; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan Kemampuan Awal Matematika terhadap self confidence siswa diperoleh nilai sig.0,093>0,05, dimana self confidence siswa yang diajarkan dengan guided discovery learning berbasis budaya Pakpak kategori tinggi =76 dan kelompok rendah =77 dan self confidence siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung kategori tinggi =66 dan kelompok rendah =66.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.9 Sin p |
Keywords: | Guided Discovery Learning berbasis budaya Pakpak; Kemampuan Komunikasi Matematis; Self Confidence |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 02:33 |
Last Modified: | 27 May 2021 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42313 |