Silaban, Rospita (2021) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pecahan antara Pembelajaran Kontekstual Berbasis Gaya Belajar dengan Pembelajaran Langsung di Kelas V SD. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8176182044 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2 NIM. 8176182044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3 NIM. 8176182044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4 NIM. 8176182044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5 NIM. 8176182044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6 NIM. 8176182044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7 NIM. 8176182044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8 NIM. 8176182044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM. 8176182044 BAB I.pdf - Published Version
Download (744kB) | Preview
13 NIM. 8176182044 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14 NIM. 8176182044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar lebih tinggi dari pembelajaran langsung, (2) Bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar (3) Bagaimana tingkat
kemampuan guru mengelola kelas dalam penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar, dan (4) Bagaimana proses jawaban siswa dalam penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar di kelas V SD Negeri 106161 Laut Dendang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106161
Laut Dendang yang terdiri dari 3 kelas paralel. Dari seluruh siswa kelas V dipilih siswa sebanyak 2 kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen diberi perlakukan
pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran langsung.Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif
untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola
pembelajaran, dan proses jawaban siswa. Analisis inferensial data dilakukan
dengan menganalisis kovarians (ANACOVA).Hasil penelitian menunjukkan : (1)
Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan pembelajaran kontektual
berbasis gaya belajar lebih tinggi dari pembelajaran langsung (2) Kadar aktivitas
aktif siswa selama penerapan pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar
memenuhi toleransi waktu ideal (3) Kemampuan guru mengelola pelaksanan
pembelajaran selama pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar masuk
kedalam kriteria cukup baik (4) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan
mengunakan pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar lebih baik dari
pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sil p |
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual; Gaya Belajar; dan Hasil Belaja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 02:15 |
Last Modified: | 27 May 2021 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42311 |