Gultom, Maharani (2014) PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116173012 Judul.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 8116173012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3. 8116173012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. 8116173012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. 8116173012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. 8116173012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. 8116173012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. 8116173012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9. 8116173012 Bab I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
10. 8116173012 Bab V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
11. 8116173012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar, (2) Kemampuan berpikir kritis, dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran PBL dan inquiry pada materi jamur (fungi) di kelas X SMA N 17 Medan. Metode penelitian menggunakan quasi-eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran PBL dan kelas B yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran inquiry. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar, tes kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis Independent Sample t test pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukan : (1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan inquiry secara statistik tidak berbeda nyata (t = 0,497, P = 0,621> 0,05), (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan inquiry secara statistik tidak berbeda nyata (t = 1,801; P = 0,076> 0,05), dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan inquiry secara statistik tidak berbeda nyata (t = 1,494; P = 0,139> 0,05). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan strategi pembelajaran PBL dalam pembelajaran biologi tentang jamur (fungi) dalam upaya meningkatkan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Gul p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Berpikir kreatif; Berpikir kritis; Pembelajaran inquiqy; Problem Based Learning |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4231 |