Indaayu, Putri (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri No. 060931 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176181014 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 8176181014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8176181014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 8176181014 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM 8176181014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. NIM 8176181014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8. NIM 8176181014 LIST OF APPENDIICES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM 8176181014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM 8176181014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
14. NIM 8176181014 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran problem based learning dan strategi
pembelajaran peta konsep, mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri No. 060931 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas. Sampel dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket kemandirian belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari instrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur pada program SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan
strategi pembelajaran peta konsep (Fhitung = 23,476 dan nilai sig. 0,000 < 0,05), hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih tinggi
dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah (Fhitung = 7,673 dan nilai sig. 0,008 < 0,05), dan terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa (Fhitung = 13,003 dan nilai sig. 0,001 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Ind p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Problem Based Learning; Peta Konsep; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:21 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42309 |