Sitorus, Darmawati (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116173006 Judul.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 8116173006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
3. 8116173006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. 8116173006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. 8116173006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. 8116173006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. 8116173006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8116173006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8116173006 Bab I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
10. 8116173006 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
11. 8116173006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Group Investigation (GI) dan Tradisional terhadap hasil belajar biologi pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan kelas VIII MTs Negeri 1 Rantauprapat; (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Group Investigation (GI) dan Tradisional terhadap kecakapan sosia siswa pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan kelas VIII MTs Negeri 1 Rantauprapat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Rantauprapat tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (clusterrandom sampling), sebanyak tiga kelas yaitu kelas VIII–2 (kelas Jigsaw), VIII-3 (kelas GI) dan VIII–4 (kelas Tradisional). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Analisis Kovarians (Anakova) dan uji lanjut dengan menggunakan uji Tukey. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa:(1) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan, Fhitung 22,34, P=0,000 < 0,01; (2) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan model pembelajaran kooperatif terhadap kecakapan sosial siswa pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan, Fhitung 22,24, P=0,000 < 0,01. Siswa yang dibelajarkan pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw hasil belajarnya lebih tinggi dibanding siswa yang dibelajarkan kooperatif tipe GI dan lebih tinggi dibanding siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Tradisional. Siswa yang dibelajarkan pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw nilai kecakapan sosialnya lebih tinggi dibanding siswa yang dibelajarkan kooperatif tipe GI dan lebih tinggi dibanding siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Tradisional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sit p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran tradisional; Group investigation; Kecakapan sosial; Model pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4230 |