Silaban, Elita Erawati (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran Kelas X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186171010 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8186171010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM. 8186171010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. NIM. 8186171010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 8186171010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 8186171010 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM. 8186171010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 8186171010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8186171010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
12. NIM. 8186171010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis validitas perangkat pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa; 2)
menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan model Problem Based
Learning yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis
siswa dan self-efficacy siswa; 3) menganalisis keefektivan perangkat pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa; 4)
mengetahui pentingnya bantuan media pembelajaran berupa Video Pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model engembangan Dick &
Carey dari Dick & Carey yang telah dimodifikasi dan dilaksanakan di kelas X SMA Negeri
18 Medan tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validasi
perangkat pembelajaran dikembangkan dengan nilai rerata total keseluruhannya berada
pada nilai 4 ≤ Va < 5 sehingga para ahli menyatakan perangkat pembelajaran tersebut
dikategori “valid”; 2) perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang telah
dikembangkan sudah memenuhi kategori “praktis”; 3) Perangkat pembelajaran berorientasi
model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif; 4)
Terdapat peningkatan yang signifikan antara rata-rata kemampuan komunikasi matematis
dengan rata-rata N-gain pada uji coba I sebesar 0,25 yang berada pada kategori rendah
meningkat pada uji coba II sebesar 0,37 yang berada pada kategori sedang dan Self-Efficacy
siswa yang diberi perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sil p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran; kemampuan komunikasi matematis; self efficacy; problem based learning; video pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 May 2021 22:32 |
Last Modified: | 26 May 2021 22:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42295 |