Afriani, Rinna Ayu (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Kolaborasi Berbantuan Media Lectora Inspire dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Periodik. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176141009 COVER.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2. NIM. 8176141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (906kB) | Preview
3. NIM. 8176141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM. 8176141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. NIM. 8176141009 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
6. NIM. 8176141009 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM. 8176141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM.8176141009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 8176141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
13. NIM.8176141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM.8176141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
Abstract
Di era 4.0 adanya perpaduan antara keterampilan teknologi dan keterampilan
manusia yang menuntut SDM untuk optimal beberapa hal termasuk berpikir
kritis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran
guided inquiry berbasis kolaborasi berbantuan media lectora inspire dan minat
belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem periodik.
Pengambilan sampel kelas menggunakan teknik sampling random. Penelitian ini
menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen yang diterapkan model
pembelajaran guided inquiry berbasis kolaborasi berbantuan media lectora
inspire dan kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran direct intruction.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen
faktorial 2x2. Kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tes
menggunakan intrumen yang disusun berdasarkan ranah kognitif Bloom pada
kategori berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen
memperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 0,559 lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,346. Minat belajar siswa diukur
menggunakan angket dengan 25 pernyataan. Hasil angket minat belajar
menunjukkan pada kelas eksperimen diperoleh mean sebesar 72,15 sedangkan
pada kelas kontrol diperoleh mean sebesar 68,74. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh kedua model pembelajaran terhadap kemampuan
berpikir kritis pada materi sistem periodik karena diperoleh P value sebesar 0,001
lebih kecil dari 0,05. Terdapat pengaruh tingkat minat belajar kimia terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem periodik karena diperoleh P
value sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Serta terdapat pengaruh interaksi antara
model Pembelajaran dengan tingkat minat belajar kimia siswa terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem periodik karena diperoleh P
value sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Afr p |
Keywords: | Berpikir Kritis; Guided Inquiry; Kolaborasi; Lectora Inspire; Mina |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 May 2021 21:09 |
Last Modified: | 26 May 2021 21:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42291 |