Aulia, Putri Rizki (2021) Pengembangan Media Komik Kimia Berbasis Android Terintegrasi Nilai-nilai Qur’ani Pada Pokok Bahasan Struktur Atom Untuk Sekolah Menengah Atas. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186142010 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2. NIM. 8186142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. NIM. 8186142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM. 8186142010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 8186142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 8186142010 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8186142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 8186142010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9. NIM. 8186142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
13. NIM. 8186142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 8186142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar
siswa ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan; mengetahui perbedaan
motivasi siswa ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan; dan mengetahui
korelasi antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar. Design penelitian
menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluation). Populasi dalam implementasi media ini adalah seluruh siswa kelas X
MAN 2 Model Medan T.A 2020/2021, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas
eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing terdiri dari 30 siswa
sehingga total samplingnya adalah 60 siswa, Instrumen penelitian berupa angket
berdasarkan BSNP, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, serta lembar
angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan Two Way Anova
dengan uji General Linear Model pada aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: media pembelajaran power point pada materi struktur atom
layak untuk digunakan tetapi masih terdapat kelemahan pada media sehingga
perlu dilakukan revisi dan pengembangan; media komik kimia berbasis android
pada materi struktur atom yang telah dikembangkan memperoleh hasil validasi
dengan nilai rata-rata 3,47 tergolong dalam kategori layak; ada perbedaan
peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media komik kimia
berbasis android dengan N-Gain sebesar 0,68 dan media power point dengan N�Gain sebesar 0,50 pada materi struktur atom, dimana keduanya berbeda secara
signifikan dengan nilai sig(0,002< α 0,05); ada perbedaan peningkatan hasil
belajar siswa antara siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi sebesar 0,82
dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah sebesar 0,73; dimana
keduanya berbeda secara signifikan dengan nilai sig(0,000 < α 0,05); dan Ada
interaksi media pembelajaran dengan tingkat motivasi ditinjau dari peningkatan
hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.207 2 Aul p |
Keywords: | komik kimia; android; motivasi belajar; hasil belajar; struktur atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 May 2021 20:55 |
Last Modified: | 26 May 2021 20:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42289 |