Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning.

Dermawan, Dwi Ardy (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166172016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166172016 COVER.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166172016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166172016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166172016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166172016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166172016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166172016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166172016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166172016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166172016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166172016 TABLES.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166172016 ILUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166172016 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166172016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166172016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8166172016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8166172016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166172016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166172016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar setelah pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah; (2) kesalahan dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar setelah pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Rantau Selatan kelas X MIPA 1 yang berjumlah 32 orang, kemudian diangkat untuk subjek wawancara berdasarkan gaya belajar Kolb & Kolb yaitu akomodasi, divergen, asimilasi, dan konvergen berdasarkan tingkat yang diperoleh berdasarkan indikator dan aspek kesulitan.
Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat 8 siswa (25%) memiliki gaya belajar akomodasi dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika untuk kategori sedang berjumlah 3 orang siswa, dan kategori rendah berjumlah 5 orang siswa; terdapat 11 siswa (34,37%) memiliki gaya belajar divergen dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika untuk kategori tinggi berjumlah 1 orang siswa, kategori sedang berjumlah 4 orang siswa, dan kategori rendah berjumlah 6 orang; terdapat 9 siswa (28,13%) memiliki gaya belajar asimilasi dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika untuk kategori sedang berjumlah 2 orang siswa, dan kategori rendah berjumlah 7 orang; terdapat 4 siswa (12,5%) memiliki gaya belajar konvergen dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika untuk kategori sedang berjumlah 3 orang siswa, dengan kategori rendah berjumlah 1 orang siswa; (2) untuk kesulitan siswa dengan gaya belajar akomodasi, siswa dengan kategori rendah mengalami kesulitan pada indikator prinsip dan siswa dengan kategori sedang mengalami kesulitan pada indikator prinsip; untuk kesulitan siswa dengan gaya belajar divergen, siswa dengan kategori rendah mengalami kesulitan pada indikator konsep dan prinsip, siswa dengan kategori sedang mengalami kesulitan pada indikator konsep dan siswa dengan kategori tinggi mengalami kesulitan pada indikator prinsip; untuk kesulitan siswa dengan gaya belajar asimilasi, siswa dengan kategori rendah mengalami kesulitan pada indikator masalah verbal dan siswa dengan kategori sedang mengalami kesulitan pada indikator konsep; untuk kesulitan siswa dengan gaya belajar konvergen, siswa dengan kategori rendah mengalami kesulitan pada indikator prinsip dan siswa dengan kategori sedang juga mengalami kesulitan pada indikator prinsip.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Der a
Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematika; gaya belajar kolb & kolb; model problem based learning,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 May 2021 20:25
Last Modified: 26 May 2021 20:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42281

Actions (login required)

View Item
View Item