PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS V SD SWASTA PERTIWI MEDAN

Miharza, Yanti (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS V SD SWASTA PERTIWI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106122042 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106122042 Judul.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106122042 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106122042 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106122042 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106122042 Abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106122042 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106122042 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106122042 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106122042 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106122042 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106122042 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106122042 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106122042 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106122042 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106122042 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106122042 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106122042 Bab I.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106122042 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106122042 Bab V.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106122042 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106122042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Menggunakan Modul LUC dan hasil belajar TIK yang diajar dengan strategi pembelajaran Menggunakan Modul UCL, (2) untuk mengetahui hasil belajar TIK antara siswa dengan kreativitas tinggi dan hasil belajar TIK siswa dengan kreativitas rendah, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran menggunakan modul dan krativitas siswa terhadap hasil belajar TIK.Populasi penelitian ini adalah siswa SD Swasta Pertiwi Kota Medan dengan jumlah 240 siswa. Kelas yang dipilih adalah kelas V. Sampel penelitian kelas V-7 menggunakan strategi pembelajaran Menggunakan Modul LUC dan kelas V-4 menggunakan strategi pembelajaran menggunakan modul UCL. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 38 dengan koefisial reliabilitas 0,948. Sedangkan untuk mendapatkan data tentang kreativitas siswa digunakan angket dengan jumlah 38 butir dan koefisien reliabelitasnya 0,885. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil penelitiannya adalah : (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran menggunakan modul LUC = 27,61 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran menggunakan modul UCL = 26,42 dengan Fhitung = 29,03 > Ftabel = 3,98, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kreativitas tinggi = 30,22 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan kreativitas rendah = 25,415 dengan Fhitung = 5,57 > Ftabel = 3,98, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar TIK dengan Fhitung = 6,65 > Ftabel = 3,98.Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan karakteristik kreativitas tinggi adalah strategi pembelajaran menggunakan modul LUC sedangkan siswa dengan kreativitas rendah strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran menggunakan modul UCL. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru TIK yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran harus memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik kreativitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Mih p
Keywords: Strategi pembelajaran; Latihan Uraian Contoh; Uraian Contoh Latihan; Teknologi infomasi komunikasi; Kreativitas; Modul
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 May 2016 01:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4226

Actions (login required)

View Item
View Item