Manik, Selvi Hotnita (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4163131026 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2 NIM. 4163131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
3 NIM. 4163131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4 NIM. 4163131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5 NIM. 4163131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
9 NIM. 4163131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13 NIM. 4163131026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14 NIM. 4163131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Discovery Learning pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning, masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Inkuiri Terbimbing (77,83) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning (74,17) dan rata-rata keterampilan proses sainsmenggunakan Inkuiri Terbimbing (83,82) lebih tinggi dari rata-rata menggunakan model Discovery Learning (80,88). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dua pihak dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (3,5320>2,002 ), dan thitung > ttabel (2,0595 >2,002 ) untuk keterampilan proses sains siswa sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan model Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 102 |
Keywords: | Hasil belajar; Keterampilan proses sains; Discovery learning; Inkuiri terbimbing; Asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 May 2021 20:45 |
Last Modified: | 24 May 2021 20:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42256 |