Panjaitan, Hendrikson R. (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Jendral Sudirman Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176171013 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 8176171013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM. 8176171013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8176171013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 8176171013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 8176171013 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8176171013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM. 8176171013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8176171013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM. 8176171013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. 2) Menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. 3) Menganalisis indikator pemecahan masalah dan berpikir kreatif manakah yang lebih dominan dengan menggunakan model Problem Based Learning. 4) Menganalisis banyaknya indikator yang sulit dari kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa SMP Jendral Sudirman Medan Kelas VIII sebanyak 38 orang siswa yang diberi perlakuan pembelajaran Problem Based Learning pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model Problem Based Learning. Siswa berkemampuan tinggi ada sebanyak 11 orang (28,94 %), siswa berkemampuan sedang sebanyak 8 orang (21,05 %), dan siswa berkemampuan rendah ada sebanyak 19 orang (50%). 2) Sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model Problem Based Learning. Siswa berkemampuan tinggi ada sebanyak 8 orang (21,05 %), siswa berkemampuan sedang sebanyak 15 orang (39,47 %), dan siswa berkemampuan rendah ada sebanyak 15 orang (39,47%). 3) Siswa yang memiliki berpikir kreatif matematis tinggi dengan skor 93,75 memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi juga dengan skor 93,75. Siswa yang memiliki berpikir kreatif sedang dengan skor 75 memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori sedang juga dengan skor 68,75, dan siswa yang memiliki berpikir kreatif rendah dengan skor 43,75 memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah pula dengan skor 50.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Pan a |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematis; kemampuan berpikir kreatif matematis; problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 May 2021 02:24 |
Last Modified: | 24 May 2021 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42246 |