Aruan, Yuliani (2021) Analisis Implementasi Kurikulum Berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Pada Program Studi Pendidikan Matematika UNIMED. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172067 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM. 8166172067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. NIM. 8166172067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 8166172067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 8166172067 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 8166172067 TABELS.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7. NIM. 8166172067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
12. NIM. 8166172067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 8166172067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 2) Mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap enam tugas yang diwajibkan dalam kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 3) Mendeskripsikan kualitas kinerja dan prestasi mahasiswa dengan implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan ataupun menggambarkan implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada program studi pendidikan matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada semester satu, tiga, dan lima strata-1 (S1) pendidikan matematika UNIMED. Subjek yang dikenai wawancara mendalam terpilih enam orang dengan pengambilan sampel bertujuan atau purposive sampling. Data diperoleh dari sebaran angket, observasi dan wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi kurikulum KKNI, tanggapan, kinerja, dan prestasi mahasiswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa : 1) Implementasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) belum sepenuhnya diterapkan karena pada mata kuliah program linier serta himpunan dan logika sudah mengimplementasikan kurikulum KKNI dengan melaksanakan keenam tugas KKNI, namun untuk mata kuliah kalkulus multivariant belum mengimplementasikan kurikulum KKNI secara keseluruhan. 2) Mahasiswa memiliki tanggapan yang positif terhadap penerapan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 3) Kualitas Kinerja mahasiswa baik dalam menyelesaikan enam tugas KKNI, namun berdampak pada prestasi belajar mahasiswa yang cukup rendah dalam penerapan KKNI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Aru a |
Keywords: | Analisis; Kurikulum; Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 May 2021 22:45 |
Last Modified: | 23 May 2021 22:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42243 |