Ritonga, Ikhsan Shobirin (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161131011 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM 4161131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM 4161131011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM 4161131011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM 4161131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
9. NIM 4161131011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM 4161131011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
14. NIM 4161131011 BIBLIORAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry Training terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi laju reaksi, serta melihat korelasi antara hasil belajar siswa terhadap keterampilan proses sains siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbasis praktikum dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes hasil belajar berupa 20 soal pilihan berganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterampilan proses sains. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (4,54 > 1.67) pada hasil belajar dan 15,38 pada KPS. Dari uji statistik korelasi product moment pada taraf signifikan 0,05 nilai rtabel 0,49 diperoleh rhitung 0,7 maka ada korelasi hasil belajar terhadap KPS dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training berbasis praktikum. Kontribusi dari hasil belajar terhadap KPS sebesar 50%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 103 |
Keywords: | Inquiry training; Praktikum; Hasil belajar; Keterampilan proses sains; Laju reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2021 00:07 |
Last Modified: | 21 May 2021 00:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42204 |