PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Ritonga, Ikhsan Shobirin (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4161131011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4161131011 COVER.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4161131011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4161131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4161131011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4161131011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4161131011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4161131011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4161131011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4161131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4161131011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4161131011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4161131011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4161131011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161131011 BIBLIORAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161131011 BIBLIORAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry Training terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi laju reaksi, serta melihat korelasi antara hasil belajar siswa terhadap keterampilan proses sains siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbasis praktikum dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes hasil belajar berupa 20 soal pilihan berganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterampilan proses sains. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (4,54 > 1.67) pada hasil belajar dan 15,38 pada KPS. Dari uji statistik korelasi product moment pada taraf signifikan 0,05 nilai rtabel 0,49 diperoleh rhitung 0,7 maka ada korelasi hasil belajar terhadap KPS dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training berbasis praktikum. Kontribusi dari hasil belajar terhadap KPS sebesar 50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 KIM 103
Keywords: Inquiry training; Praktikum; Hasil belajar; Keterampilan proses sains; Laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2021 00:07
Last Modified: 21 May 2021 00:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42204

Actions (login required)

View Item
View Item