Khairunsyah, M. (2020) Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Singkil dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Aceh Singkil dan Kebermanfaatannya sebagai Bahan Bacaan siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156192016 COVER.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
2. NIM. 8156192016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
3. NIM. 8156192016 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8156192016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 8156192016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
6. NIM. 8156192016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8156192016 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8156192016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8156192016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
13. NIM. 8156192016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
14. NIM. 8156192016 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk alih kode dan campur kode bahasa Singkil dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, (2) faktor-faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode bahasa Singkil dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, (3) kebermanfaatan alih kode dan campur kode dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darulmutaalimin Tanah Merah Aceh Singkil. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII-A,VII-B,VII-C,VII-D,VII-F yang berjumlah 140 siswa dan 2 orang guru. Data diambil dari rekaman pada saat proses pembelajaran bahasa indonesia di kelas. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. teknik yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik simak dan wawancara, untuk mengetahui latar belakang guru dan siswa. Dari 140 siswa SMP Darulmutaalimin Tanah Merah Aceh Singkil, ada 70 siswa yang berlatar belakang suku Singkil. Hasil penelitian menunjukkan terdapat alih kode dan campur kode bahasa Singkil dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun alih kode dan campur kode berjumlah 30 data. yang paling banyak terjadi pada proses pembelajaran bahasa Indonesia adalah pada kelas kata Verba dan Adjektva berjumlah 8 data. Cerita siti ambia sebagai bahan bacaan siswa untuk digunakan sebagai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.4 Kha a |
Keywords: | Alih kode dan campur kode; bahasa Singkil; kebermanfaatan bahan bacaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 May 2021 20:30 |
Last Modified: | 19 May 2021 20:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42178 |