PENGARUH MEDIA SOSIAL, SISTEM DROPSHIP, DAN POTENSI KEUNTUNGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA DARING (ONLINE) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

RAHMAWATI, FITRI (2020) PENGARUH MEDIA SOSIAL, SISTEM DROPSHIP, DAN POTENSI KEUNTUNGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA DARING (ONLINE) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7161141012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7161141012 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7161141012 APPROVAL SHEETS.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7161141012 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7161141012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7161141012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7161141012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7161141012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7161141012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7161141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7161141012 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7161141012 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7161141012 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7161141012 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7161141012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7161141012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7161141012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7161141012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 7161141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.NIM 7161141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Minat melakukan wirausaha secara daring (Online) pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial, Sistem Dropship dan Potensi Keuntungan terhadap Minat Berwirausaha Daring Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Univesitas Negeri Medan yang beralamat di Jalan Willem Iskandar Psr V No. 158, Medan Estate. Jenis Penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi stambuk 2017, 2018, 2019 sebanyak 319 orang mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 86 orang mahasiswa, dimana pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan Teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan softwere SPSS versi 21.
Dari hasil analisis regresi linier Y= 5,289 + 0,535X1+ 0,177X2+ 0,220X3. Berdasarkan model regresi berganda tersebut diperoleh nilai koefesien Media Sosial (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila Media Sosial(X1) mengalami kenaikan, maka minat wirausaha daring pada mahasiswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefesien sistem dropship(b2) bernilai positif, maka minat wirausaha daring pada mahasiswa(Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Nilai koefesien Potensi Keuntungan (b3) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila Potensi Keuntungan (X3) mengalami kenaikan, maka minat wirausaha daring pada mahasiswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Sosial terhadap Minat Wirausah Daring dengan nilai rhitung sebesar 0,966 > 0,361 rtabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sitem Dropship juga berpengaruh signifikan terhadap minat wirausaha daring Dengan nilai rhitung sebesar 0,931 > 0,361 rtabel), dan nilai signifikan sebesar 0,035 < 0,05. Potensi Keuntungan juga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha daring dengan nilai rhitung sebesar 0,920 > 0,361 rtabel dan nilai signifikan sebesar 0,036 < 0,05. Dengan besarnya Pengaruh variabel Media Sosial (X1) , Sistem Dropship (X2) dan Potensi Keuntungan (X3) terhadap variabel terikat yaitu Minat Wirausaha Daring (Y) sebesar 55,5% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ada dalam model regresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Sosial, Sistem Dropship, Potensi Kuntungan, Minat Wirausaha Daring
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5717 Business communication
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 19 May 2021 01:01
Last Modified: 19 May 2021 01:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42159

Actions (login required)

View Item
View Item